Posted in daily

Review : 40 days in Europe

Satu lagi buku pembangkit semangat..🙂 bukan fiksi loh..

Buku yg punya 547 halaman ini terbitan Bentang Pustaka. Pengarangnya Maulana M. Syuhada. Bercerita ttg pengalaman sekelompok seniman Angklung (anak SMA 3 Bandung) yang berusaha mengenalkan budaya Indonesia ke luar negeri dengan cara keliling Eropa untuk konser dan mengikuti ferstival budaya. Tutur bahasanya sederhana, kita jadi kaya baca blog punya org kalo baca buku ini.

Untuk mewujudkan misi itu mereka membutuhkan kurang lebih satu tahun persiapan. Mulai dari hunting festival, hunting konser, nyari tempat penginapan, urusan sama kedutaan2, nyari dana ( 300 jutaan!! ), nyari alat transportasi, blom lagi harus latihan, dan menghadapi berbagai jenis hambatan yang gila2an, gw aja ikutan stress waktu bacanya. Setiap mulai bab baru pasti dimulai dengan suatu masalah baru, tapi asik, mereka bisa menyelesaikan masalah itu dengan tenang dan sabar.

Akhirnya kelompok ESA 2 ini bisa juga berangkat ke Eropa walaupun uang mereka kurang banyak bgt *sumpah.. berani bgt mereka* mereka cuma modal niat baik aja. Dan ternyata hambatannya ga hanya berenti sampai di Indonesia aja, begitu mereka sampai Eropa pun dah ada masalah yang menghadapi, alat2 musik yang ketinggalan di Bahrain sehingga mereka harus make alat musik pinjaman yang sederhana, otomatis konser mereka agak2 kurang maksimal. Tapi semua masalah itu terbayarkan dihari2 selanjutnya. Konser2 mereka selalu sukses, diiringi dengan standing applouse yang berkepanjangan, encore yang pasti mendapat sambutan yang meriah, sampai dengan kemenangan yang mutlak buat mereka.

Baca buku ini gw jadi inget sama Paduan Suara gw, hiks..gw sangat2 ingin PS gw berkembang seperti KPA 3 ini, GW NGIRIIII..!!!!! GW NGIRIIII…!!!!
Setelah ngobrol sama Yano, “sesepuh PS” gw yang ada gw malah dibego2in kenapa baru sekarang gw berfikir untuk bikin PS kaya KPA 3.

Bagus deh pokoknya ni buku, tapi mungkin untuk beberapa orang bisa jadi sangat membosankan, tapi coba aja dulu, ga ada salahnya kan.

Dan kebetulan kang Maul, si penulis, lagi ada di Indonesia, dia kirim imel ke gw (aaah ga nyangka… senangnya ). Dia bilang kalo dalam tiga minggu kedepan dia lagi ada di Indonesia, mo promosi buku ini (lagi). Ada beberapa acara diskusi yang belom pasti waktu dan tempatnya, dan yang pasti, hari ini (Rabu, 4 Juni 2008) ada taping di Metro sebagai bintang tamu di acara Kick Andy, bayangkan!! masuk Kick Andy, ditayangin di tipinya baru tanggal 19 Juni 2008 , so.. stay tune guys..

Untuk gw pribadi, kang Maul, harus berterima kasih sama yang nge-design covernya, itu yang membuat gw tertarik beli buku ini.

Author:

neng fey... si eneng ini berbadan gemuk tapi malas untuk diet neng fey suka bgt sama yang namanya buku novel, jadi sebenernya ga susah untuk ngasi kado ke si neng, kasi buku aja dia dah seneng bgt si neng suka bgt bermimpi ttg traveling, kenapa mimpi? soalnya si neng jarang bisa traveling neng fey sekarang lagi coba untuk pandai menulis

17 thoughts on “Review : 40 days in Europe

  1. Wah, kemarin ning baru belanja buku, lihat buku ini sih, tapi nggak tau nggak langsung jatuh cinta gitu :

    Abis baca tulisan neng fey, jadi nyesel nggak beli kemarin…

    wah mbak ning, jadi minta maaf nih karena telat nge-review nya,
    besok bli aja mbak, hehehe, btw, tergantung selera masing2 yah😀
    -neng-

  2. ^_^ Wah… baru tahu…!!
    Besok hunting ah…! Dan yang jelas, pasti di pelototin tuh nanti acara di Kick Andy-nya.. hehehe.. ^_^

    iya nih, jadi penasaran sama kick andynya,
    hayooo… dibaca bukunya🙂
    -neng-

  3. liat cover bukunya saja saya udeh males, karena : MEREKA BIKIN NGIRI SAYA SAJA !!!🙂 ,, salut buat para pemberani semacam mereka2..

    hahaha, kalo covernya mah bisa2nya sang designer ajah sih kayana, tapi emang salut bgt lah ama mereka
    -neng-

  4. wah sayang tuh di foto orangnya ngadep belakang..
    padahal tuh benernya saya(yang paling kiri), ujang (yang kedua), saiful (yang ketiga), cecep (yang ke empat)..
    alah…alah…hehe

    jadi pingin baca juga..novel memang terkadang membosankan awalnya, tapi kalau sudah mendapatkan inspirasi dari novel bakal menyenangkan..

    oh jadi itu kamu?? ah jadi ga napsu ah, hehehe
    ayo atuh dibaca bukunya, sapa tau tambah semangat🙂
    -neng-

  5. tante.. ini hebat pisan euy.. baca buku melulu.. emang kerja di toko buku yak?? enak donk..

    namanya juga hobi du…hehehe, hayooo tebak, saya kerja dimana, dari kemaren ridu tebak2 buah manggis terus nih kayana, tapi salah semua😀
    -neng-

  6. eh buku ini emang keren!! jadi sirik sama anak anak SMA 5 yang keliling eropa!! dulu kang maul nya talkshow bersamaku😉 and he is cute hahaha

    oooh jadi yang di mustika itu ama elo, fu fu fu.. jadi pengen, sayangnya yang sekarang ga ada talkshow di toko buku, semuanya di radio, majalah dan televisi, jadi ga bisa ketemu langsung😦
    -neng-

  7. Wow sebuah perjuangan yang patut ditiru semua orang, anak SMA aja mau berjuang demi negara, lalu bagaimana dengan orang2 intelektual dangan pangkat/jabatan tinggi kok masih mentingin kelompok sendiri? malu donk ama anak ABG🙂

    yup, mereka bisa bgt jadi sebuah contoh, yang tue2 seharusnya mendukung penuh
    -neng-

  8. salam kenal😀

    jadi pengen beli bukunya..
    coba exkul gamelan di sekolahku kayak gitu

    dibaca aja bukunya, bgs kok, kalo udah baca buku itu pasti terdorong untuk memajukan eksul gamelan kamu, yakin deh!!
    -neng-

  9. beneran bagus yak??? berapaan? ntar cari ah… lam kenal aja deh

    yaah.. kalo menurut saya mah bagus, pesan moralnya tersampaikan, kalo harganya saya dah lupa berapaan :p kamis ini ada di kick andy loh, bisa jadi bahan pertimbangan juga🙂
    salam kenal juga
    -neng-

  10. ya deh nti nonton kick andy

    mudah2an nanti saya ga lupa lagi nonton kick andy, hehehe suka lupa sih soalna :p
    -neng-

  11. gue baru selesai baca bukunya, satu kata..Hebat….

    dengan modal keyakinan dan do’a semua halangan bisa di halau….

    inspiratif…

    gue juga suka dengan kesenian dan bangga dengan seni indonesia dan pernah ngerasain bawa nama indonesia ke dunia mengikuti satu festival..” shanghai tourism festival 2007″

    sayang kita belum berhasil karena persiapan yang tidak terlalu matang…

    gud lak for maul & KPA3

    ditunggu buku mengenai perjuangan kuliah sewaktu di inggris..

    hmm… emang bener keren kan!! seneng dong bisa ngebawa nama indonesia ke dunia, walaupun ga menang yang penting “banci” tampil, hahaha gut luck juga yah buat kamu🙂
    nanti pesannya disampein ke kang maul via imel
    -neng-

Leave a Reply

