Posted in daily

Cerita MPASI

Serba serbi MPASI ribet juga ya, ada yang mau gampangnya aja, ada lagi yang ribet ngejelimet uwel2an.

Ceritanya saya join salah satu grup di FB yang sangat menjunjung tinggi MPASI yang dibuat sendiri oleh bundanya alias no instant food, ngolah beneran dari beras jadi tepung beras dan blender/saring semua bahan yang sudah di kukus/rebus sebelumnya. Dan ada tahapannya juga ternyata, ketika umur 6 bulan, hanya boleh dikasi makan buah tok, ga boleh yang lain, masuk 7 bulan ditambahin makannya jadi karbo + sayur, protein hewaninya belom boleh sama sekali, dan 8 bulan baru mulai dikenalin sama protein hewaninya deh, boleh di kasi keju dikit tapi bener2 no gulgar alias ga pake gula garam. Dan semua-semuanya harus alami

Mungkin terlihat sehat ya atau memang sehat, tapiii… member ato adminnya yang suka bikin jengah. Kalo ada yang berbuat agak melenceng dari peraturan diatas duuuhhh… langsung diomelin ya booook *ngelap keringet*, contoh :

waktu Aila pupnya keras pas dikasi makan buah, saya curhat klo aila sampe nangis2 pupnya dan terpaksa saya pake mikrolax krn ga tega liat dia nangis sampe bibirnya jadi item :(  dan nanya kira2 buah apa yang bisa bikin ga sembelit lagi, dan jawabannya adminnya sungguh tidak mencerahkan, dia cuma bilang NO MICROLAX FOR BABY!!!, dih.. rada sakit ati tuh waktu itu, saya bilang aja, kalo ga terpaksa saya jg ga mau pake yg gitu2an. Untungnya ibu2 anggota yg lain banyak jg yg ngasih info yg saya perlukan. Trus kalo ada yang ketauan ngasi babynya bubur instan atau biskuit bayi, duh duh.. “bu ibu tolong di baca dokumen ini ini.. baby tidak dianjurkan untuk makan biskuit instan, duh kenapa sih ibu2 ini pada terobsesi sama biskuit, biskuit kan bisa diganti dengan wortel kukus atau labu siam kukus dll, jgn dikasi makanan berpengawet buu” Pembelaan saya adalah, tidak melulu instan, tapi kalao memang kondisinya lg tidak memungkinkan, menurut saya kayaknya ga dosa besar bgt deh😦. Trus banyak yang berkeluh kesah ttg orang di sekeliling mereka yang tdk mendukung program mereka untuk ber homemade “duh gimana ya ngebilangin ke neneknya kalo cucunya jgn dikasi biskuit” atau “duh anakku dipaksa neneknya untuk minum susu formula, padahal ASInya masih cukup”

Menurut saya semua yg ada di grup itu bener, ngapain sufor klo asi masih banyak, ngapain biskuit klo wortel kukus bisa. Tapi… lebaynya itu looohh..

Saya termasuk yang ngikutin grup itu hanya untuk sekedar tau aja, dan ga saklek ngikutinnya. Aila umur 7 bulan, tapi udah saya kasi salmon, aila demen bgt gigitin remote, dari pada remote saya kasi aja biskuit , kenapa biskuit bukan sayur, karena ga mau bikin si nenek repot harus ngukus makanan dia lagi. Tapi untuk makanannya saya pasti buat sendiri, ga mau ah yang instan2 itu, mau tau alasannya? bukan karena sehat, tapi ada sensasi tersendiri gitu kalo bikin makanan u anak sendiri hehehehe, mulai dari hunting resep sampai eksekusinya.mamamnya aila :)

sampai sekarang makanan aila baru seputaran kentang, wortel, brokoli, kembang kol, tomat, salmon, daun seledri, tofu, jagung manis, melon, pepaya, pir, labu, bayem, dan mangga, havermut baru sekali dicoba. walaupun menunya itu2 doang, tapi nikmat bgt waktu tengah malem harus bikin makanan u sehari besok🙂

Hmm.. postingan ga jelas, intinya saya cuma berharap apa yang saya kasi ke aila jadi kesehatan dan kepandaian untuk dia, amiiinnn🙂

Author:

neng fey... si eneng ini berbadan gemuk tapi malas untuk diet neng fey suka bgt sama yang namanya buku novel, jadi sebenernya ga susah untuk ngasi kado ke si neng, kasi buku aja dia dah seneng bgt si neng suka bgt bermimpi ttg traveling, kenapa mimpi? soalnya si neng jarang bisa traveling neng fey sekarang lagi coba untuk pandai menulis

6 thoughts on “Cerita MPASI

  1. iya apa2 mah gak perlu terlalu saklek lah… disesuaikan dengan sikon aja… yang penting orang tua pasti tau yang terbaik untuk anaknya sendiri.🙂

Leave a Reply

