Wattpad

Hayoo.. klo emak2 pasti banyak yang ga tau web wattpad ini kaaan, gue aja baru tau baru 1,5 tahun ini, dan baru bener2 aktif baca sekitar kurleb setahun ini.

Ps : ini bukan post berbayar, hahaha

wp

Wattpad adalah portal dimana kita bisa menulis atau membaca novel, ebook apa bukan sih yang kayak gini? disana terdapat beribu-ribu tulisan dari penulis amatir dari seluruh dunia yang bisa kita baca. Kalo punya bakat terpendam jadi penulis bisa coba nulis disitu dulu. Kita bisa berinteraksi dengan cara komen di setiap ceritanya, bisa komen ttg dialog, tentang EYD, alur cerita, atau sekedar nulis “huahahahahaha, ngakak guaaa!!” sampah bgt kan komennya πŸ˜€ macem2 lah, jadi silent reader juga ga dosa. Web ini juga dihantui sama yang namanya “web mirror” dimana ada orang2 yang ga tanggung jawab, ngejiplak web tsb beserta seluruh cerita yang ada, jadi misal cerita tulisan si A di post di web mirror itu sebagai cerita tulisan si B. Plagiat tinggat tinggi. Kasian.

Namapun penulis amatir ya, jadi ya masih banyak yang mentah tulisannya, ga enak dibaca, terlalu kaku, aneh dll, jadi ya harap sabar2 sampe nemu tulisan yg sreg di hati. Bagi pembaca dewasa macam gue, pastilah dongkol diawal, ntah kenapa (ini gue doang apa yang lain juga gue ga tau dah) ketika gue mulai baca kok ya cerita yang direkomendasikan adalah cerita FANFIC ONE DIRECTION (kayaknya gue juga udah pernah mention di salah satu post gue deh) ya ga papa sih, ada yang beberapa bagus, kayak After dari Anna Todd (penulis ini terkenal bgt di wattpad US), cuma ya karena bahasanya pake bahasa londo, kaga selese2 dah gue baca si after ini hehehe. Tapi klo nemu fanfic yang lebay mimpinya males bgt dah. Maka dari itu gue cari cerita dg kata kunci “Adult” “Romance” dan ternyata doooong, yang cerita ehem2 juga banyaaak hahahaha, tau aja dah gue yak, ga papa, kan udah emak2 ini (ngeles wae mak hihihi), trus gue juga baru tau juga kalo dulu istilahΒ  “gituan” kalo sekarang istilahnya “ena ena” hahahaha jijik ga sih lo bacanya hahaha. Tapi sedihnya ya karena web ini gratis dan ga bisa filter umur ternyata banyak juga yang baca ya anak2 kecil, knapa gue tau, karena gue liat profil orang2 yang komen, beberapa nyantumin FB mereka, pas gue liat ya ilaaah, anak SMP aja doong, pengen pites mereka jadinya.

Akhir2 ini udah banyaaaak bgt cerita dari wattpad yang dibukuin, gue pernah post salah satunya, After Wedding, dan gue penasaran sama buku ini, karena menurut gue cerita lain dari si penulis ini juga bagus2 (seenggaknya bacaable lah bagi gue) contohnya yang judulnya Ramuan, cerita anak SMA sih, tapi gemes aja bacanya hahaha.

Hmm.. apalagi ya? ini deh, beberapa cerita yang menurut gue bagus ceritanya. BTW klo mau baca harus bikin akun dulu ya disitu. Oh ya, dan beberapa harus follow si penulis, gampang lah itu.

  • Will You be Mother for my Daughter?; judulnya berat yak haha, tapi ceritanya ngegemesin, aku mah apa dah klo dibandingin ama si Sharen pemeran utama cewenya, ini cerita pertama dari 5 series, ceritanya ga nyambung ke seri selanjutnya, tapi berkaitan, dan semua serinya bagus.

  • Araga’s Funny Marriage; sumpah ya, menurut gue si Donna enggak gitu lucu, tapi dimaapin lah, namanya juga cowo lagi jatuh cintrong, apa2 jadi manis keliatannya hahaha. Warning, banyak part2 yang ngalor ngidul, kadang bikin bosen tapi seru bacanya, gemeess. Work yang ini juga bagian dari beberapa seri tulisan si justfade ini.
  • Anesthetized, menurut gue sih harus dibaca hari seri sebelumnya (ini seri ke 2), Beautiful Mining Expert lebih bagus klo kata gue mah, tapi yg BME itu lagi di unpublish ama penulisnya. Btw ini mau dibikin buku, dan si penulis kayaknya udah mulai dikit2 mau ngapus ceritanya dr wattpad, klo mau baca buru2 dah hehe
    Anesthetized
  • The Daddy’s Proposal, sebenernya ini seri ke 3 dari beberapa seri, tapi seri yg pertama udah diterbitin jadi buku dan udah ga ada lagi dimanapun plus udah diapus sama penulis, gue pun ga sempet baca yg seri pertama ini, seri yang kedua, menurut gue sad ending, ga suka deh, padahal asli loh, ceritanya bagus, nah yang TDP ini adalah lanjutannya.
    The Daddy's Proposal
  • Suamiku Brondong?! nah ini salah satu yang adult story klo menurut gue, tapi sekarang lagi “nongkrong” sebagai nomor 2 dari 1000 di rank Romance Wattpad Indonesia, see.. banyak yang baca kan, ga sedikit yang baca itu anak2 sekolahan, kalo udah kuliahan masih mending laah.

Ini mah sedikit dari banyak tulisan hasil karya anak bangsa tsaaaaahh!! hahaha. Menggeser kedudukan “buku kertas” yang harus bayar, dilema tukang jualan buku, yang jualan malah udah jarang beli buku, bacanya wattpad mulu hahaha

Ada yang udah pernah baca cerita di wattpad?

 

35 thoughts on “Wattpad

    1. Iyalah, buat amatiran ini mah, eh ada juga sih yg udah pro macam christian simamora, yg bilang tulisannya jelek berarti kurang rajin browsing dan ga sabaran hehehe

  1. Aku pikir wattpad ini semacam wadah untuk para penulis dan penggemar fan fiction.. ternyata nggak ya.. tapi rada2 mirip ya.. (ketauan dulu baca fanfiction utk nyari yg ho-oh2) hihih

      1. mau sih.. wakakkaka..

        iya fanfic tu kayak menyelami dunia byuntae para fans ya.. jd ingat jaman2 dulu ngikutin fanfic-nya Twilight yg judulnya Master of Universe.. lalu dibukukan juga.. judulnya

        50 shades of Grey..

      2. Wakakaka, sampe skrg mau baca ebook ama nonton pelemnya ga pernah selesai, lama bgt sampe adegan “ena ena” nya hahaha
        Besok gue imel link nya yaaak 😜😜

      1. cek teh! lucu-lucu loh hohoo. Dulu keknya aku pernah ngasih rekomen deh, nonton/baca webtoon cheese in the trap. Itu kocak pisan! πŸ˜€

  2. Saya agak malas klo buka situs baru. Tapi suka baca di medium sih akhir-akhir ini. Kalo wattpad belum pernah singgah. Ini pertama kali dengar. takutnya ntar ada yang copas cerpen dan cerbung saya di sana (bercanda….)

    1. iya tuh, ribetnya di wattpad, lagi asik2 baca ceritanya ilang, soalnya penulisnya meng-unpublish tulisannya, soalnya takut ke copy di web mirror itu
      eh klo ceritanya bagus besar kemungkinan ceritanya bisa dibukuin loh, skrg ini banyak bgt cerita yang di wattpad di cetak buku

Leave a Reply

